Sunday, March 11, 2012

[The Writing of] Sketches by Boz

Sketches by Boz awalnya adalah serial fiksi-sketsa mengenai kehidupan sehari-hari warga London yang diterbitkan di harian Morning Chronicles. Suatu hari seorang penerbit bernama John Macrone berinisiatif untuk menerbitkannya sebagai novel. Edisi pertama buku ini yang terbit Februari 1836 menggunakan ilustrasi garapan George Cruikshank. Empatbelas bulan kemudian Chapman & Hall membeli copyright Sketches by Boz dari Macrone senilai GBP 2.000,- lalu menerbitkannya sebagai kisah bersambung yang terbit tiap bulan.


cover asli Sketches by Boz yg terbit 1836

Awalnya sulit bagi pembaca modern jaman itu untuk menikmati dan menghargai nilai-nilai penting dalam Sketches by Boz. Saat itu adalah akhir era Georgian, mulai memasuki era Victorian, di mana orang biasa membaca horor gothic, percintaan ala bangsawan dan polemik politik. Kisah keseharian orang-orang kelas menengah London jarang dibicarakan. Alih-alih kisah aristokrasi di mansion-mansion, Sketches by Boz bercerita tentang orang-orang biasa yang melakukan hal-hal biasa, dengan humor-humor mengenai kesalahpahaman kecil dalam hidup sehari-hari--seperti "The Bloomsbury Christening", namun ada juga yang serius seperti "The Drunkard's Death".

Boz adalah nama samaran/nama pena yang dipakai Dickens waktu awal menulis serial ini. Nama itu berasal dari adik laki-laki bungsunya, Augustus Dickens, yang biasa dipanggil Moses oleh keluarganya. Namun mereka melafalkan "Moses" dengan suara sengau sehingga terdengar sebagai "Boses", yang lalu menjadi "Boz" di tangan Dickens.

No comments:

Post a Comment