Friday, March 9, 2012

Pengaruh Dickens di Dunia Fashion

Di peringatan 200 tahun Charles Dickens, nampaknya semua orang ingin menghadirkan nuansa "Dickens" ke dalam hal-hal yang bahkan tak ada hubungannya dengan buku. Contohnya: dunia fashion. Di peragaan busana Musim Gugur 2012 di berbagai pusat fashion dunia mencoba mengambil gaya busana jaman Victorian yang dikenakan tokoh-tokoh wanita di novel Dickens, untuk diadaptasikan ke dalam gaun masa kini. Terhitung Marc Jacobs, Vivienne Westwoods dan Giles Deacon melakukan hal tersebut.

Marc Jacobs menampilkan koleksi busana dengan ciri khas era Victoria dengan bahan brokat dan kulit, lalu model cropped pants dan mantel (sentuhan maskulin ala Dickens), juga sepatu berujung kotak dengan gesper logam besar. Peragaan ini bahkan memakai iringan theme song Oliver Twist sebagai musik latarnya.



Giles Deacon memadukan tuxedo bergaya maskulin dengan gaun malam feminin dalam peragaan busananya. Ada nuansa warna palet dan bentuk berstruktur yang--menurutnya--mungkin bakal diambil dan dipakai Miss Havisham (tokoh Great Expectations) bila ia hadir di sini. Barangkali 1 di antara gaun di bawah ini pas dengan selera Miss Havisham?....


Di novel-novelnya Dickens selalu menjabarkan dengan detil pakaian yang dikenakan tokoh-tokohnya. Fashion style ala Dickens menurut thedailybeast.com adalah yang fitted pants, ruffles, dan jahitan rapi ala tailor yang mencerminkan gaya pakaian pria jamannya yang ingin tampil rapi.

Apakah anda terinspirasi juga untuk meniru gaya dandan ala Dickens?

Sumber: thedailybeast.com

No comments:

Post a Comment