Friday, March 9, 2012

Ditemukan: Film Tertua Adaptasi Buku Dickens

Seorang periset film sedang mencari-cari di antara arsip film-film lama di British Film Institute, ketika matanya tertumbuk pada sebuah judul: "The Death of Poor Joe" yang dibuat tahun 1901. Benaknya langsung menghubungkan judul itu dengan salah satu karakter di buku Charles Dickens yang berjudul Bleak House. Mungkinkah?...

ilustrasi Jo si tukang sapu

Ternyata instingnya tidak salah. Film berdurasi satu menit itu ternyata memang film tertua yang masih ada yang mengangkat salah satu tokoh ciptaan Dickens di Bleak House, yaitu Jo. Film yang masih dalam keadaan baik itu diproduksi oleh G.A. Smith, seorang pioner perfilman di Inggris. Diperkirakan film itu dibuat pada Maret 1901 dengan mengambil Brighton sebagai settingnya.

salah satu cover buku Bleak House

Inilah sekilas sinopsis film tersebut, seperti dikutip dari Reuters:

It depicts Dickens' Jo, a poor street sweeper in Bleak House, at night against a churchyard wall freezing in the winter snow with his broom.

A watchman comes along and catches Jo just as he falls to the ground dying. The watchman tries to help but it is too late, and Jo puts his hands together in prayer, taking the lamp for heavenly light as he dies.

Selain terinspirasi dari buku Dickens, kemungkinan film itu juga diinspirasi oleh kisah Gadis Korek Api, dongeng karya Hans Christian Andersen. Istri G.A. Smith, Laura Bayley, memerankan tokoh Jo dalam film itu.

Sumber: thejakartaglobe.com

No comments:

Post a Comment